Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Peluang Usaha Bisnis Rumahan Bimbingan Belajar Untuk Sampingan

Artikel terkait : Peluang Usaha Bisnis Rumahan Bimbingan Belajar Untuk Sampingan

Peluang Usaha ~ Sejarah pendidikan Indonesia telah mencatat perubahan dinamika pendidikan Indonesia. Hal ini terlihat dari perubahan kurikulum yang telah terjadi di kurun waktu setengah abad ini. Dimulai dari kurikulum “rencana pelajaran” pada tahun 1947, pada tahun 1954 berubah menjadi kurikulum “rencana pelajaran terurai” kemudian dirubah menjadi rencana pendidikan pada tahun 1964, dan yang paling heboh dan benar – benar merubah wajah pendidikan Indonesia adalah pada tahun 2004 ketika pendidikan Indonesia menganut system Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Perubahan mendasar adalah ketika diterapkannya standar nilai kelulusan yang menentukan kelulusan seorangsiswa. Kebetulan pada tahun tersebut saya mengalami UNAS kelas 3, pada saat itu bimbingan belajar belum terlalu merebak, namun semenjak tahun 2004 ketika kurikulum berganti dimana peran guru menjadi semakin dikurangi karena memang yang diharapkan adalah keaktifan siswa membuat pasokan ilmu ke anak semakin berkurang. Dari beberapa sebab tersebut kemudian wali murid mengambil inisiatif untuk mengambil jam tambahan pelajaran di luar sekolah untuk anak mereka guna mendongkrak nilai akademik mereka. 

Peluang Usaha Bisnis Rumahan Bimbingan Belajar Untuk Sampingan


Saat itu, saya sempat mengenyam pendidikan di salah satu SMA yang menjadi pailit project program percontohan kurikulum berbasis komptetensi. Dan rasanya, paran siswa semakin besar sementara peran guru hanya berupa pendampingan. Ini tentu membuat siswa menjadi kurang maksimal khususnya bagi mereka yang otaknya kurang cerda, ditambah lagi dengan Standar Nilai Kelulusan yang saat itu semakin naik membuat orang tua was was karena kelulusan ditentukan oleh 3 hari saat UNAS berlangsung. Tak heran semenjak itu peluang usaha bimbingan belajar semakin dibutuhkan dan seperti yang diduga sebelumnya, peluang usaha bimbingan belajar semakin menjamur dengan keuntungan menjanjikan.


Untuk membuka peluang usaha bimbingan belajar anda tidak harus menjadi seorang sarjana dengan title berderet deret, jika anda hanya lulusan SMA, bisa juga anda mengajar di SD, SMP atau SMA, yang terpenting adalah pintar mengukur diri. Anda pahami kemampuan anda, maka disitulah anda nantinya anda akan mengajar. Jangan terlalu memaksakan pelajaran yang tidak anda kuasai atau memaksakan tingkat pendidikan yang tidak terlalu anda pahami. Jika anda hanya mampu di bidang matematika khusus SMP, maka fokuslah di bidang tersebut.
Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, ada beberapa jenis model yang dipakai untuk menjalankan peluang usaha ini diantaranya adalah :

Peluang Usaha Les Privat


Pada model bimbel ini anda dihadapakn one by one dimana anda hanya akan mengajar satu murid secara ekslusive dan tentu bayarannya juga lebih ekslusive dibandingankan dengan kelas regular biasa. Selain itu anda juga tidak terlalu terbebani karena tanggung jawab anda tidak terlalu banyak. Dengan hanya satu murid maka besar kemungkinan anda akan lebih mudah memahamkan si murid daripada ketika mengajarkan secara kolektif.

Peluang Usaha Kursus Bimbel Kolektif

Pada metode ini, pengajaran dilakukan secara kolektif dengan jumlah murid perkelas bisa mencapai 5-20 siswa. Untuk tarif bisa dihitung dari secara perbulan. Harga atau biaya per murid memang tidak semahal les privat namun karena lebih banyak maka tentu keuntungan juga lebih banyak. Kelemahannya, anda harus bisa memahamkan banyak orang dan anda dihadapkan pada kemampuan siswa yang berbeda beda. Di sinilah tantangan pengajaran yang sesunggunya dimulai.

Dari banyak pengalaman, les peluang usaha kursus regular ternyata lebih menghasilkan namun lebih menguras tenaga dan pikiran. Anda tinggal pilih mana metode yang paling baik menurut anda. Dan hebatnya lagi adalah, dalam bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal namun sangat berpotensi dalam mendatangkan keuntungan yang besar. Ambil contoh jika anda bisa merekrut 50 murid dengan jumlah pembayaran per murid 80 ribu / bulan maka sudah dapat dihitung berapa keuntungan yang akan anda dapatkan. 

Namun demikian, perlu anda perhatikan kualitas pengajaran. Orang tua murid akan melihat perkembangan dari ujian dan PR si anak. Jadi persiapkan secara matang lalu jangan pernah berhenti untuk belajar menemukan cara cara baru yang lebih simple dan mudah dipahami oleh si murid.

Sampai sekarang peluang usaha bimbingan belajar terbilang masih sangat potensial terlebih dengan system kelulusan yang memasukan nilai raport sebagai salah satu unsure kelulusan sehingga bisa dikatakan sejatinya setiap hari seorang siswa sedang dalam ujian nasional. 



Dari uraian diatas, apakah anda tertarik untuk memulai peluang usaha bisnis rumahan bimbingan belajar ini? 

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan