Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hias

Artikel terkait : Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hias

Bisnis rumahan ~ Rumah adalah tempat hunian yang menjadi tempat kita berteduh setiap harinya. Kebutuhan akan tempat hunian yang nyaman , tenang dan asri merupakan dambaan setiap orang agar rumah menjadi surga bagi para penghuninya. Ada banyak cara dilakukan oleh para pemilik rumah untuk membuat suasana rumah menjadi nyamandiantaranya adalah dengan mewarnai rumah mereka dengan warna yang mereka sukai, memasang lukisan hingga menanam berbagai tanaman hias yang indah.

Bagi sebagian orang, kebutuhan akan tanaman hias ini kemudia dilirik sebagai sebuah ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan sehingga kemudian tanaman hias mulai dibudidayakan sebagai komoditi yang dijual guna memperoleh keuntungan. Dari tahun ke tahun, jumlah pembudidaya tanaman hias kian bertambah dengan varietas tanaman yang semakin beragam mulai dari rerumputan, bunga hingga tanaman hias besar. Berdasarkan keterangan yang kami dapatkan dari tempo.co, pelaku bisnis rumahan  tanaman hias skala kecil  biasanya berpenghasilan antara 3-5 juta (sumber : tempo.co). Pendapatan yang sangat lumayan tentunya.

Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hias

Salah satu sebab mengapa tanaman hias kemudian menjadi salah satu jenis bisnis rumahan yang menguntungkan adalah karena iklim Indonesia yang tropis dan tanahnya yang subur sehingga membuat berbagai tanaman mudah tumbah dan lagi harga tanaman hias memiliki harga yang tinggi. Mungkin anda masih ingat ketika fenomena Anthurium yang memiliki harga selangit pada beberapa tahun yang lalu. Ini membuktikan bahwa peluang bisnis usaha budidaya tanaman hias masih sangat potensial untuk dikembangkan.


Seiring dengan semakin membaiknya tingkat ekonomi masyarakat ditandai dengan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang tentu kemudian membutuhkan tanaman hias untuk melengkapi dekorasi ekterior membuat permintaan pasar semakin meningkat. Data kementrian pertanian mengatakan bahwa produksi tanaman hias mencapai 616 juta tangkai dengan prosentasi peningkatans sebesar 26% tiap tahunnya. Data lain menunjukan bahwa permintaan pasar pun naik di kisaran 31,62 persen. Sedangkan tanaman hias yang paling diminati adalah Anggrek dan Krisan.

Namun demikian, dalam pengelolaan bisnis rumahan budidaya tanaman hias membutuhkan ketekunan, sehingga perlu adanya kecintaan terhadap tanaman. Inilah mengapa pelaku usaha rumahan budidaya tanaman hias biasanya memiliki hobi dalam bidang berkebun atau gardening atau nursery. Hobi bertanaman inilah yang akan membuat proses berkebun menjadi menyenangkan sehingga akan membuat pembudidaya lebih tekun.


Kisah Sukses Bisnis rumahan Budidaya Tanaman hias


Adalah Fathul Makki seorang pembudidaya tanaman hias sealigus pemilik Istana Alam Dewi Tara di Depok, Jawa Barat, mampu mendapatan omzet Rp. 300 juta - Rp. 350 juta / perbulan. Gerak bisnis yang dijalaninya adalah penjualan tanaman hias sebagai souvernir. Keuntungan ini diperolehnya dengan penuh perjuangan terlebih setelah merosotnya Anthurium dan Adenium. Cerita senada pun dialami oleh dua perempuan yang juga terjun ke bisnis tanaman hias yaitu Astuti Rusmawarati dan I.G.A. NGR. Novianti Suryakasih , mereka mampu menghasilkan omzet ratusan juta rupiah melalui bisnis souvernir tanaman hias.

Tips Sukses Bisnis Rumahan Tanaman Hias


1. CIntai Pekerjaan
Dalam membudidayakan tanaman, perlu ketekunan yang luar biasa. Hasil yang didapat tidak didapat dalam waktu singkat seperti kita anda sedang berdagang. Dalam bisnis budidaya tanaman hias, proses penanaman yang lumayan memakan waktu serta ketelatenan dalam mengurus tanaman membuat anda harus ekstra sabar sehingga jika anda tidak mencintai tanaman hias, anda tidak akan bertahan lama.

2. Promosi Online
Dengan semakin majunya Teknologi Informatika khususnya yang berkaitan dengan Internet, maka promosi pun dapat dikembangkan ke promosi online. Anda bisa menjual tanaman hias anda di Internet baik melalui Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus atau melalui toko online. Dengan berpromosi di Internet maka anda telah memperluas pemasaran ke pengguna Internet yang mencapai puluhan juta tiap harinya.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk menjalankan bisnis rumahan budidaya tanaman hias? Semoga saja artikel diatas bermanfaat untuk anda. Terima kasih atas kunjungan anda di dalam artikel Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Tanaman Hias. Salam sukses.

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan