Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2015

Artikel terkait : 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2015

Usaha Rumahan | Indonesia sebagai negara berkembang sedang gencar - gencarnya meningkatkan jumlah usaha kecil menengah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bentuk nyata dukungan pemerintah adalah dengan adanya bantuan khusus untuk modal usaha yang kemudian di distribusikan kepada bank - bank yang ditunjuk oleh pemerintah melalui program KUR. Tak hanya itu, bantuan hibah modal yang diperuntukkan untuk kelompok usaha bersama ( KUBE ) juga sudah diluncurkan, Amat sangat disayangkan, justru kesadaran masyarakat akan pentingnya berwirasusaha, membuat negara indonesia belum mampu memenuhi angka minimal jumlah wirausaha agar negara ini makmur. Padahal, ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan mengingat betepa banyaknya jumlah penduduk Indonesia serta melimpahnya kekayaan di negara tercinta kita ini.


Suatu negara bisa dikatakan sebagai negara maju apabila jumlah wirausaha di negara tersebut mencapai 2 % dari total penduduk. Malaysia berhasil menumbuhkan jumlah wirausaha sebanyak 4 % sementara Thailand sebesar 7%. Sayangnya, untuk Indonesia baru berjumlah sekitar 1,65%. Melihat pada rendahnya jumlah wirausaha di Indonesia, KEMENAKER untuk tahun 2015 menargetkan ada tambahan 28.000 wirausahawan di Indonesia. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di negara dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa ini. Karena semakin banyak peluang usaha yang dapat dijalankan berarti terdapat lapangan kerja baru yang tentunya dapat meminimalisir jumlah pengangguran di Indonesia. 

Kumpulan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2015

Ada beberapa alasan mengapa rakyat Indonesia masih enggan mengjalankan peluang usaha kecil menengah diantaranya adalah :
  • Takut Rugi
Inilah penyebab terbesar yang paling menjamur di pikiran masyarakat. Perasaan takut rugi menjadikan seseorang enggan berwirausaha. Tak heran jika kemudian banyak lulusan di suatu sekolah atau perguruan tinggi lebih sibuk mencari lowongan kerja daripada memikirkan bagaimana mencari modal untuk menjalankan usaha kecil menengah. 

Untuk anda yang hingga kini masih takut rugi, coba anda berfikir ulang. Bahwa sebenarnya kerugian adalah biaya pendidikan yang seringkali kita bayarkan untuk mendapatkan ilmu baru. Kerugian bisa anda tanggulangi dan antisipasi jika anda menjalankan peluang usaha yang minim resiko dengen modal kecil serta anda dapat mengelola peluang usaha anda dengan berpedoman bahwa sampai kapanpun anda harus terus belajar. 
  • Merasa tidak punya bakat
Salah satu kekurangan sistem pendidikan di negara ini adalah lebih menitik beratkan pada nilai akademis daripada menumbuhkan jiwa yang berkarakter mandiri serta kreatif. Porsi hafalan lebih diutamakan daripada membiarkan murid berkreasi dengan bakat nya masing masing sehingga pada akhirnya ketika telah lulusandari almameter pendidikannya, siswa atau mahasiswa yang telah lulus hanya berpikir bagaimana dapat bekerja di suatu  perusahaan daripada berusaha mendirikan usaha kecilnya. 

So, kawan mandiri, saya yakin bahwa setiap orang memang memiliki bakatnya masing - masing. Namun, saya yakin bahwa setiap orang dapat mandiri dengan berbisnis. Maka, carilah peluang bisnis yang sesuai dengan bakat anda. Caranya? gunakan metode SWOT. Analisa kekuatan anda, bakat anda, lalu teliti apa kekurangan atau kelemahan anda serta lihatlah lingkungan disekitar anda. 
  • Ketiadaan Modal.
Inilah alasan klasik masyarakat yang sebenarnya memiliki keniatan untuk menjalankan suatu peluang usaha namun terbentur masalah modal. Padahal, pada jaman sekarang, modal dapat didapatkan dari berbagai jalan mulai dari pinjaman lunak, pinjaman tanpa jaminan, hibah hingga bantuan pemerintah yang berbentuk tanggung renteng. Silahkan baca artikel di bawah ini untuk mendapatkan beberapa alternatif ketika anda tidak memiliki modal. 

Salah satu alternati jenis usaha yang dapat anda jalankan dengan mudah serta minim modal dan resiko adalah dengan menjalankan peluang usaha rumahan. Dari sisi modal tentu anda akan lebih hemat karena anggaran biaya tempat dapat anda potong sehingga modal yang anda perlukan akan lebih kecil sehingga resiko kerugian pun lebih kecil. Lalu kira - kira apa peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa anda jalankan sesuai dengan kemampuan dan kemauan anda? Silahkan baca selengkapnya di bawah ini :


  • Usaha Rumahan Tanpa Modal

Dibawah ini akan saya sajikan beberapa jenis usaha rumahan yang tanpa menggunakan modal uang diantaranya adalah :

1. Bisnis Rumahan Online

Komputer dan Internet, dua hal yang sepertinya bukan lagi hal baru di masyarakat Indonesia terutama kalangan mahasiswa, pelajar maupun pekerja kantoran. Jika saat ini, anda telah memiliki PC atau Laptop dan juga jaringan internet, manfaatkan fasilitas anda dengan mencicipi bisnis internet. Ada banyak pilihan bisnis yang bisa anda jalankan diantaranya :
  • Membuat blog untuk PPC, CPA dll dengan menggunakan Blogspot lalu di daftarkan ke Google Adsense.
  • Mengupload video ke Youtube lalu memonetize video tersebut dengan Youtube
  • Menjalankan bisnis online Affiliate marketing
  • Melakukan usaha rumahan online Dropship dan lain sebagainya. 
  • Jasa Desain Web
Kisah habibi afsah : Cacat namun Sukses Bisnis Online


2. Menjadi Penulis 

Anda sukse menulis? mengapa tidak mencoba untuk menjadi writerpreneurship? bayangkan betapa menyenangkannya apabila tulisan - tulisan anda dapat dibaca oleh banyak orang serta dapat mendatangkan uang bagi anda? Lalu mengapa anda tidak mencoba menguatkan bakat anda dalam menulis lalu menjadikannya sebagai peluang usaha rumahan tanpa modal? Berikut ini ada beberapa pilihan bisnis yang bisa anda lakukan terkait sebagai penulis;
  • Penulis buku atau cerpen
  • Penulis artikel atau puisi lalu dikirimkan ke media cetak
  • Menulis artikel untuk website 
Saya sendiri mengawali bisnis internet dari menjadi penulis konten website. Hasilnya lumayan namun tentu harus menjaga kepercayaan dan kualitas dari pemakai jasa kita.

3. Peluang Usaha Jasa Translate

Kebutuhan Translate buku sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan S2. Kebanyakan referensi yang digunakan dalam tugas ilmiah para calon magister adalah berbahasa asing, sementara tidak semua mahasiswa calon S2 mampu berbahasa asing. Nah, jika anda memang memiliki kemampuan bahasa asing. Anda bisa membuka jasa penterjemah. 

Selain dari sistem yang telah saya sebutkan diatas, anda juga bisa menjadi penterjemah novel, buku atau cerpen luar negeri yang akan diterbitkan untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun selain ketekunan serta ilmu bahasa anda. Selain itu, anda juga tidak perlu bekerja di luar rumah karena pekerjaan jasa penterjemah bisa dilakukan dirumah anda dan sesuai dengan waktu yang anda inginkan.

4. Peluang Usaha  Makelar atau penghubung

Anda tak punya modal, tapi ingin berbisnis? jadilah makelar. Tetangga anda, kerabat atau teman anda seringkali ingin menjual barang - barang milik mereka seperti motor, mobil, HP, hingga tanah dan rumah. Untuk mendapatkan kentungan dari penjualan barang miliki kenalan anda, anda tak harus membeli barang milik mereka. Anda hanya perlu mencarikan pembeli dan anda bisa memasang harga lebih tinggi sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan, atau anda bisa juga hanya meneruskan penjualan dengan harga sama namun mendapatkan komisi dari si penjual. Semakin besar nilai uang barang yang dijual, komisi yang anda dapatkan akan semakin besar namun resiko anda kecil karena anda tidak mengeluarkan modal.

USAHA RUMAHAN DENGAN MODAL KECIL


Anda memiliki modal untuk menjalankan bisnis namun nominalnya tidak terlalu besar? Anda bingung jenis modal apa yang sesuai dengan kemampuan finansial anda? simak beberapa ide usaha kecil menengah di bawah ini yang bisa anda jadikan peluang bisnis maupun usaha sampingan untuk anda.

1. Bisnis Jual Pulsa Elektronik

Saya kira kita sepakat bahwa kebutuhan  pulsa elektronik hampir sama seperti kebutuhan rokok. Dengan bertambahnya pengguna ponsel di Indonesia maka secara otomatis kebutuhan pulsa semakin banyak. Dari data Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia menjelaskan bahwa jumlah pengguna seluler di Indonesia mencapai 240 juta pada tahun 2011. Di tahun 2015 ini, tentu jumlah pengguna ponsel bisa dipastikan meningkat. Dari 240 juta pengguna ponsel, 95% adalah konsumen pulsa prabayar. 

Data diatas kiranya dapat menegaskan betapa kebutuhan pulsa elektronik sangat dibutuhkan sehingga menjadikan bisnis jual pulsa elektronik sangat potensial untuk dikembangkan. Hebatnya lagi, untuk menjalankan usaha rumahan ini, anda tidak perlu mengeluarkan modal hingga jutaan rupiah. Hanya dengan modal uang sebesar Rp.50.000,- anda sudah dapat menjalankan peluang bisnis ini. Keuntungan yang didapat rata - rata Rp. 500 / transaksi. Semakin banyak anda melakukan transaksi maka semakin besar pula keuntungan yang anda dapatkan. Kabar gembiranya, anda tidak akan rugi kalaupun pulsa yang anda jual tidak laku, karena selain pulsa tidak akan basi, anda pun membutuhkan pulsa bukan? so, jika tak ada yang mau membeli pulsa kepada anda, hitung hitung anda membeli pulsa untuk diri anda sendiri dalam jumlah besar.

2. Usaha Bimbingan Belajar 

Kementrian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan mencatat pada tahun 2015, peserta didik yang mengikuti ujian nasional berjumlah 7,3 juta belum termasuk siswa di tingkat sekolah dasar. Jumlah ini terhitung besar dan tentunya menjadi salah satu celah untuk menjalankan peluang usaha bimbingan belajar. 

Dari tahun ke tahun, jumlah siswa yang mengikuti bimbingan belajar semakin bertambah hal ini ditengarai karena semakin ketatnya persaingan kerja serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang semakin meningkat sehingga orang tua murid tidak sungkan untuk merogoh kocek lebih dalam demi agar anaknya dapat mendapatkan nilai yang baik pada ujian nasional sehingga dapat bersekolah di institusi pendidikan yang baik. 

Untuk menjalanakan bisnis bimbingan belajar, anda tidak harus mengeluarkan modal kecil. Untuk tempat anda bisa menggunakan ruang tamu di rumah anda serta sebuah papan tulis yang bisa anda buat sendiri dari papan triplek atau membeli whiteboard ukuran sedang seharga Rp. 150.000. Anak - anak bisa duduk diatas lantai saat anda belum bisa menyediakan kursi atau meja belajar. Meski kini terdapat berbagai bimbingan belajar ternama seperti Primagama, Visigama, Neutron dan lain sebagainya, bimbel tersebut kebanyakan diperuntukkan untuk kalangan menengah atas sementara bimbel - bimbel kecil yang menampung anak - anak menengah kebawah masih belum terlalu banyak. Trik yang anda lakukan murahkan biaya perbanyak anak didik atau menaikan harga dengan jumlah rombongan belajar yang sedikit. 


3. Usaha Penetasan Ikan Gurameh

Usaha Rumahan Dengan Tanpa Modal

Ide bisnis ini saya dapatkan di daerah Purwokerto. Di salah satu pondok pesantren didaerah setempat. Para santri di suruh membuat kolam terpal dengan ukuran 2.5 m x 3.5 m. Terpal tersebut dibeli seharga Rp. 60.000. Kolam tersebut nantinya digunakan untuk pembesaran ikan gurameh dari umur 3 hari semenjak menetas hingga seukuran biji oyong.


Modal yang digunakan bisa dirinci secara umum sebagai berikut :
1. Harga telur Rp. 25 / telur x 5000 butir = Rp. 125.000

2. Terpal, bambu, paku dan lainnya = Rp. 80.000
3. Pakan hingga panen selama sebulan Rp. 100.000
Total pengeluaran : Rp. 305.000

Penghasilan apabila terdapat kematian 20 % berarti tinggal 4.000 ekor dimana setiap ekornya sekitar Rp. 130 / ekor. hasil yang diperoleh adalah 4000 x 130 = Rp. 520.000,-. 

Keuntungan = Rp. 520.000 - Rp. 305.000 = Rp. 215.000
Anda bisa melipat gandakan keuntungan anda dengan menambah kolam terpal anda. Setelah panen pertama maka biaya keuntungan lebih besar karena pengeluaran untuk pembuatan kolam tidak ada.

4. Bisnis Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas

Coba anda tengok lingkungan sekitar anda, ada banyak barang - barang yang kita anggap sampah ternyata bagi sebagian orang kreatif mampu dirubah menjadi berbagai kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. Riki Toreh adalah salah satu contoh orang kreatif yang berhasil meraup keuntungan besar dari hasil karyanya yaitu terompet. Bahan - bahan yang ia gunakan ternyata hanya berasal dari barang - barang bekas. 

Lebih hebat lagi adalah seorang cacat bernama Irma Suyanti yang berhasil membangun bisnis kain perca. Kain perca yang tidak terpakai ia rubah menjadi berbagai barang yang tentunya mendatangkan keuntungan seperti karpet, selimut dll. Karena keberhasilannya ini ia mendapatkan penghargaan dari SCTV. Ia kini memiliki sekitar 2500 karyawan. 



Macam Jenis Bisnis Rumahan Dengan Modal 5 juta

Jenis bisnis yang akan kita bahas adalah jenis bisnis yang menggunakan dana sekitar 5 juta rupiah. Bisnis rumahan lima juta ini terhitung sebagai peluang usaha modal kecil dengan skala rumah tangga namun keuntungan bisa berlipat ganda. Apa saja bisnis rumahan modal 5 juta tersebut? 

Usaha Rumahan Laundry
Usaha Kecil Menengah Budidaya Ikan Lele dan Gurameh
Peluang Usaha ayam Kampung Super
Peluang Bisnis Bebek Hibrida
Usaha kuliner membuat kue


Jika anda masih bingung dalam menentukan jenis bisnis apa yang ingin anda jalankan. Anda bisa mencari informasi usaha rumahan yang sedang ngetrend di tahun ini. Salah satunya adalah Upload Video Youtube serta bisnis Toko Online. Di bidang peternakan anda bisa menjalankan usaha ternak kelinci yang bisa di jalankan dengan modal kecil namun keuntungan besar. 

Wah sangat panjang ternyata artikel ini. Semoga saja, artikel yang panjang ini dapat menjadi salah satu jalan anda untuk dapat menemukan ide bisnis yang terbaik untuk anda. JIka ada pertanyaan silahkan dapat anda tanyakan di kolom komentar. 



Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan