Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Peluang Bisnis Ternak Pleci

Artikel terkait : Peluang Bisnis Ternak Pleci

Ternak Pleci ~ Apakah Anda termasuk salah satu penggemar burung pleci? Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang menghasilkan suara yang indah. Maka tidaklah mengherankan jika burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung kicau atau para breeder burung. Burung ini juga dikenal dengan burung kacamata. Kenapa disebut dengan burung kacamata karena penampilan fisik dari burung pleci memiliki mata dengan lingkaran hitam yang dibalut dengan lingkaran putih di luarnya.

Selain memiliki suara yang indah, brurung pleci juga mempunyai bulu-bulu indah yang berwarna hijau kekuningan yang tentunya sangat sedap dipandang mata.Burung ini juga sering diikutkan dalam kontes kicau burung yang mana apabila memenangkannya, tentunya akan mendapat hadiah jutaan rupiah. Apabila Anda jeli melihat kesempatan tersebut, maka Anda tidak akan menyia-nyiakan untuk mencoba usaha ternak pleci. Bisnis ini dinilai memiliki prospek yang bagus karena banyaknya permintaan burung pleci yang semakin hari semakin tinggi.

Peluang Bisnis Ternak Pleci

Cara Ternak Burung Pleci

Untuk memulai usaha ternak pleci, memang diperlukan sebuah kesabaran karena pada dasarnya membudidayakan burung pleci bukanlah hal yang gampang. Diperlukan usaha yang ekstra dalam memulainya. Namun bukan berarti Anda harus putus asa bukan? Anda harus menjadikannya semangat untuk terus mencoba apabila mengalami kegagalan. Berikut beberap persiapan yang harus Anda perhatikan dalam memulai usaha budidaya pleci.

1. Persiapan Pleci Indukan
Agar usaha ternak pleci Anda membuahkan hasil, maka Anda harus menyiapkan idukan pleci yang memiiki kualitas unggul. Cari indukan pleci jantan dan bertina dari jenis yang sama dan berumur satu tahun untuk memudahkan Anda dalam mengembang biakkan pleci itu sendiri. Pastikan juga bahwa pleci jantan tersebut salah satu pleci yang selalu aktif membunyikan suara agar anak-anak nantinya juga mempunyai karakter yang sama seperti indukannya. Belilah pleci-pleci yang sudah jinak dan terbiasa dengan manusia. Hal tersebut berkaitan erat dengan tingkat stress hewan. Apabila mereka stress, mereka tidak akan bisa melakukan perkawinan.

2. Persiapan Kandang Pleci
Kandang pleci merupakan hal yang harus Anda perhatikan secara seksama agar pleci-peci tersebut merasakan sebuah kenyamanan. Pada dasarnya ada tiga jenis kandang burung yang bisa Anda gunakan, yakni kandang burung model aviari, model soliter, dan model koloni. Kandang aviari dibentuk menyerupai kandang habitat asli. Sedangkan model kandang soliter dibuat untuk ditempati satu burung dan model koloni dibuat untuk sekelompol burung. Untuk perkawinan pleci-pleci Anda, gunakan model aviari yang berukuran kecil supaya mereka tidak bisa lari kemana-mana dan akhirnya proses pembuahanpun bisa terjadi. Untuk sarang telur pada nantinya, Anda bisa membuat sarang yang terbuat dari serat nanas dan kapas yang ditahan melalui kawat.

3. Pemberian Pakan
Agar indukan pleci tersebut selalu sehat, Anda harus rajin-rajin member pakan pleci tersebut dengan asupan pakan yang menyehatkan. Anda bisa memilih berbagai jenis buah-buahan untuk kebutuhan vitamin dan mineral pleci. Sedangkan untk kebutuhan protein, Anda bisa memberinya makan kroto, jangkrik atau ulat untuk burung, ataupun voer. Agar mereka terhindar dari berbagai ancaman penyakit, sebainkya Anda memberikan vaksin secara teratur kepada pleci-pleci Anda.

Baca juga : Peluang Usaha Budidaya Ikan Guramih

Bagaimana Analisa modal dan keuntungan dari usaha budidaya pleci?
Berikut ini adalah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang usaha ternak pleci. Kita langsung ambil 10 pasang indukan pleci ekor untuk memulai usaha ternak tersebut. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut

Indukan 10 pasang pleci 20 ekor x Rp.250.000 = Rp. 5.000.000

Kebutuhan pakan untuk pleci selama 1 bulan dari pleci kawin sampai bertelur sebesar Rp.500.000

Vaksinasi dalam 1 bulan adalah apabila 1 botol vaksin untuk bisa dipakai untuk 10 ekor pleci, maka 20 pleci membutuhkan 2 botol vaksin. Kita asumsikan bahwa harga vaksin per botolnya adalah Rp.50.000.

Maka dalam satu bulan Anda akan menghabiskan 2xRp.50.000= 100.000.

Biaya lain-lain = Rp.100.000
Jadi modal yang dibutuhkan adalah Rp.5.000.000+Rp.500.000+Rp.100.000+Rp.100.000 = Rp.5.700.000

Kita asumsikan bahwa dari 10 pasang tadi akan menghasilkan 5 buah telur, maka telur yang dihasilkan semuanya adalah 50 telur. Apabila satu ekor pleci kecil dihargai Rp.50.000, maka 50 ekor pleci akan dihargai Rp.2.500.000. Namun apabila Anda memelihara sampai menjadi pleci dewasa, maka omset yang akan Anda terima adalah Rp.250.000x50= Rp.50.000.000 Apabila Anda membutuhkan satu tahun untuk mencapai dewasa maka kebutuhan pakan dan vaksin biaya lain-lain setelah satu bulan berikutnya akan mengabiskan Rp.700.000x11 = Rp.7.700.000.

Maka keuntungan yang Anda peroleh adalah Rp.50.000.000-Rp.5.700.000-Rp.7.700.000 = Rp.36.600.000

Bagaimana, menguntungkan bukan? Demikian ulasan menarik tentang peluang usaha budidaya burung pleci. Semoga bermanfaat!

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan