Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Peluang Usaha Usaha Ternak Kelinci dengan Modal Minim

Artikel terkait : Peluang Usaha Usaha Ternak Kelinci dengan Modal Minim

Ternal Kelinci ~ Apabila Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa mencoba peluang usaha ternak kelinci pedaging. Seperti kita tahu bahwa kelinci saat ini sangat diminati oleh masyrakat karena kandungan dagingnya yang rendah kolesterol. Banyak orang yang memiliki riwayat penyakit dengan kolesterol tinggi akhirnya memilih untuk mengkonsumsi daging kelinci daripada lain. Tidak mengherankan banyak warung makanan seperti warung sate kelinci sangat membutuhkan daging tersebut.

Mengingat pangsa pasar di Indoensia yang begitu besar apalagi belum banyak pebisnis yang mengelola usaha budi daya kelinci pedaging tersebut menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang bagus untuk ke depannya. Peternakan kelinci sendiri di Indonesia rata-rata adalah jenis peternakan dengan skala kecil padahal permintaan pasar sangatlah tinggi. Maka dari itu, Anda harus segera memanfaatkan kesempatan tersebut. Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu besar sehingga bagi Anda yang bermodalkan minim pun bisa memulai bisnis budi daya kelinci tersebut.

ternak kelinci hias
Untuk memulai usaha ternak kelincipedaging, sebaiknya Anda harus menyiapkan berbagai hal agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerugian dan sebagainya. Anda harus menyiapkannya secara matang. Persiapan tersebut seperti pemiihan bibit yang unggul, pemberian pakan, pembuatan kandang dan sebagainya. Berikut ulasan-ulasan dalam mempersiapkan usaha budi daya kelinci pedaging Anda:

1. Pemilihan Bibit Kelinci Pedaging yang Unggul

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencoba peluang usaha ternak kelinci pedaging adalah dengan memilih bibit kelinci pedaging yang unggul. Untuk jenis kelinci pedaging, Anda bisa memilih bibit kelinci jenis Flemish Giant, Australia New Zealand, atau jenis Rambon. Jenis kelinci tersebut terkenal dengan tekstur dagingnya yang tebal, empuk, dan memiliki cita rasa yang lezat apabila diolah dala bentuk hidangan. Syarat kelinci pedaging yang bagus adalah kelinci yang berukuran besar dan cepat dipanen.

Kelinci Flemish Giant sendiri merupakan jenis kelinci paling besar yang berasal dari Argentina. Kelinci tersebut bisa mencapai bobot 5 sampai 6 kilogram. Di dalam satu tahun, kelinci ini juga memiliki keisimewaan lain yakni bisa beranak-pinak sampai 4 kali. Untuk jenis Australia New Zealand, kelinci ini memiliki berat antara 3 sampai 4 kilogram dan bisa dikawinkan pada usia 6 bulan. Kelinci ini lebih murah dari kelinci Flemish Giant. Sedangkan jenis Rambon sendiri merupakan kelinci dari hasil persilangan antara kelinci Jawa dan Australia.

 2. Pemberian Pakan
Untuk jenis kelinci pedaging sebaiknya Anda memberikan pakan konsentrat penuh seperti pelet agar kelinci tersebut tambah gemuk. Walaupun pemberian konsetrat penuh wajib diberikan, jangan lupa juga diberikan pakan sayur-sayur segar untuk kebutuhan vitamin dan mineralnya. Agar mereka terhindar dari berbagai serangan penyakit, Anda bisa menambahkan vitamin dan obat-obatan khusus pada kelinci-kelinci pedaging tersebut.

3. Pembuatan Kandang yang Ideal
Untuk pembuatan kandang, Anda bisa menggunakan model panggung dengan tinggi alas sekitar 50 cm. Gunakan ukuran yang sesuai agar kelinci-kelinci tersebut berkembang biak dengan baik. Ukuran tersebut adalah 200x70x70 cm. Anda bisa mengisi kandang tersebut dengan 10 sampai 12 ekor kelinci pedaging dewasa. Buatlah ventilasi yang agak lebar agar mereka bisa bernafas dengan leluasa dan bergerak secara aktif. Berikan pula sekat-sekat nyaman dengan suhu 21 derajat Celsius.

baca juga :

Aneka Peluang Usaha Sampingan Untuk Pemula Bisnis

Analisa Usaha Ternak Kelinci

Berikut ini adalah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang usaha ternak kelinci pedaging. Kita asumsikan untuk membudidayakan 20 ekor kelinci pedaging yang mana harga anakannya adalah Rp.35.000. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:
Anakan kelinci pedaging rambon  20xRp.35.000 = Rp. 700.000
Kebutuhan pakan untuk kelinci pedaging rambon selama 1 kali panen adalah Rp.600.000
Kebutuhan obat-obatan dan vitamin       = Rp.500.000
Biaya lain-lain = Rp.50.000
Jadi modal yang dibutuhkan adalah Rp.700.000+Rp..600.000+Rp.500.000+Rp.50.000 = Rp. 1.850.000
Pendapatan yang Anda peroleh apabila satu ekor rambon dibenderol dengan harga Rp.200.000, maka 20 ekor rambon sama dengan Rp.4.000.000
Maka keuntungan yang Anda peroleh adalah Rp.4000.000-Rp.1.850.000 = Rp.2.150.000 dalam satu kali panen.

Bagaimana, menguntungkan sekali bukan? Demikian ulasan menarik tentang peluang usaha budidaya kelinci pedaging. Semoga bermanfaat!

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan